Friday 8 March 2013

Banda Aceh? seberapa jauh kamu tau?


TURIS BANDA ACEH


Seperti moment moment yang laen, ketika harus menunggu lama dudok sendiri malumun diantara ribuan orang yang melakukan hal yang sama, ada yang nanye, jawab. tanya balek saja males. tak ada yang tanya, tidor. 

Ada cerita lama yang sebenarnya sering datang, ketika jumpa orang baru dan memulai pertanyaan ini itu, saya sebagai traveler sering di tanya, dari mana, dan di akhiri dengan apa yang tertarik dari tempat saya berasal, jawaban saya, sama, selalu, "Nothing Interest", sebenarnya itu bukan jawaban pertama kali pas ada yang nanya, namun kl keseringan orang tanya, jawabannya pasti itu. dulu pertama kalo orang tanya, saya sangat antusias menjelaskan betapa indahnya Aceh dan kayanya budaya, namun ketika menjelaskan detail pertanyaan yang kira kira seperti ini :

How to get there?
Jawab : waduh, bagaimana caranya kesana, dulu orang luar musti naek pesawat ke Medan trus ke Banda aceh, karena belon ada International Flihgt, trus seteleh tsunami ada Penerbangan International tapi masalahnya tak ada pelayanan Visa on Arrival, yang belakangan baru bisa tahun 2011.

Where to stay?
Jawab : ada tuh, hotel bintang 4, hermes hotel, Oasis, Sultan hotel, dan banyak hotel mederate yang lainnya. Masalahnya gimana caranya booking? tau deh ah.. lu cari sendiri dah di internet. 

What things to do?
Jawab : oh banyaakk. 
  1. Mesjid Baiturrahman,…. oh tunggu, dulu ada temen di teriakan sama di usir dari mesjid raya, padahal baru nginjak tangga. ga usah crita ah. kalo lu bule, ato mirip mirip bule, ato punyga temen semacam itu yang kira kira non muslim, mendingan jangan di coba bawa masuk dah, pasti petugasnya cegat, mereka pasti bilang Non Muslim tak boleh masuk mesjid. bener sih. 
nah, orang sekarang kan ga bego, pasti kebanyakan mereka udah pernah ke Turkey, yang main attraction nya Mesjid tapi jadi pusatnya turis, malah ada yang namanya Mosque Tour. atau mereka tau pas Obama ke Jakarta, segampang gampangnya dia masuk Mesjid Istiqlal, trus apa bedanya? yang jelas petugasnya hanya tau itu Hukum dan Peraturan. nah kalo di jelasin panjang deh jadinya
  1. Tsunami Museum, every knows about this, 2 tahun lalu saya kesono, pertama, museumnya tutup, kedua kalinya, museumnya lagi perbaikan. lah emang kapan bukannya? ohh lupa, disamping nya ada kuburan belanda, namanya lupa, kerkoft ye?
  2. National Museum, as Local people I could say, hmmmm nothing to see there
  3. Ejoying food and drinks?.. actually Aceh really terkenal sama kopinya, di setiap sudut, persimpangan ada warung kopi. yang tak mudah di temukan di kota lain. bahkan di negara lain. maksudnya warung kopi independent buka yang brand ato chain product. di Aceh asli produk local. kebanyak turis sukanya yang kayak gini. Soal Makanan, hmmm mie aceh, apa lagi ya? 
  4. Kapal Apung, kalo siang siang kesono, ih panassss
  5. Pegi ke pante, Banda Aceh punya pante bagos deket kota, Lampuuk dan bebrapa pantai indah lainnya. ntrus mau jelasin kalo kesono naek apa? bingung deh. kayaknya cuma bisa pake kendaraan pribadi. nah kalo turis gimana coba? ya sewa mobil. iya kalo rame2. nah kalo dia sendiri, gimana dong?
  6. nah yang terakhir, ke Pulai Weh. kayaknya yang nanya pasti tertarik, bener sih, pas saya cerita how beautiful the island is, rata rata mereka langsung memasukkan Banda aceh di list "must visit" mereka. namun pas mereka tanya, lagi, How to get there, where to stay, how to contact, what to do and so on. balik lagi kayak penjelasan di atas, pusing gw. akhirnya gw jawab, cari aja di internet.
  7. ohhh masih banyak lagi yang tertarik kalo mau ke aceh. mikiiiir ape ya?


garis besarnya dari cerita di atas adalah, saya sebagai orang lokal saya pusing bin bingung mau jelasin ke orang jika ada yang nanya segala macam seperti yang saya ceritakan di atas. point is bagaimana kurangnya informasi dan persiapan pemerintah lokal dalam menangani turism di aceh. sehingga saya orang lokal saja bingung kalo mau jalan - jalan, contohnya ke sabang, masih aja di peras sama orang lokal sendiri. pffff


NAHHHHHHHHHH.

2 bulan yang lalu, Saat itu di Dubai Aiport, transit dari London nak balek kampoeng ke Banda aceh, masih ada dua transit lagi, di Singapore, Medan dan akhirnya kalo sampe, di Banda aceh. jumpa orang yang sama yang pernah nanya soal banda aceh 5 tahun yang lalu. 
Dia Traveler dari Belanda, baru balik dari Aceh pas jumpa saya di bandara, dia cerita banyak soal aceh. saya pun tersentak kagum. malah keseringan bilang, oh yaa, oh really, wow, nice, hmm. yang artinya how improved by now. 

setelah dia berlalu saya pun langsung buka laptop, tanya bang Google. eh tadaaaaaa. 
Trip Advisor? Trip Advisor site sudah menulis tentang aceh? artinya memang layak di kunjungi toh. trus di baris kedua, booking dot com, di ikuti, agoda dot com dan international site lainnya, ada juga website hotel lokal, website pemerintah lokal dalam mempromosikan banda aceh, daftar hotel dan lengkap nomor telponnya. dan baris baris penting dan tertarik lainnya yang di pampang bang Google. plus ratusan artikel menarik dari para bloggers. uhhh akhirnya semuar pertanyaan2 itu terjawab. 

coba deh tanya bang Google sekarang. kalo males, nich saya recap hal hal penting kalo elu mau ke Banda Aceh, how to get there, what to do or don't, where to stay, transport, food and many more. but first of all, you got know bit history about Aceh. 

nah baca cerita selengkapnya


Enhanced by Zemanta

No comments:

Post a Comment