Monday 18 February 2013

VISA INDIA


Visa India

aku sudah 2 kali ke India, dua2 nya punya pengalaman kagak enak soal visa. 
Kunjungan pertama waktu Kunjungan dari Kerjaan, itu tahun 2012 sekitar Februari, Visa on Arrival untuk Indonesia di India sudah berlaku, jadi lah saya ga ribet mikir soal visa, langsung ke bandara check in, Pesawat saya jam 7 Pagi dari Medan ke Bangalore via Kuala Lumpur, pas check in Medan, kata petugas airlinenya saya harus punya visa kalo mau ke India, trus saya tunjukin website kedutaan mereka kalo bisa Visa on Arrival, nah di bawahnya ada tulisan, only Mumbai, Delhi, Kalkota, Cenai. artinya Bangalore masih belon bisa Visa on Arrival , waduh mampus dah gw. gimana nich. trus petugas airlinesnya nyaranin saya buat ngurus Visa ke Konsulat yang ada di Medan, kebetulan ga jauh dari airport. 

Penerbangan saya yang ke Kuala Lumpur terpaksa di batalkan, aku masih berharap penerbangan yang ke Bangalore nya masih bisa di pakai kalo dapat visa hari ini tapi terpaksa harus beli tiket baru buat ke Kuala Lumpurnya. 

Langsung saya tancap gas ke Konsulat India, ga jauh tuh dari airport, saya tunggu di depan pintu gerbangnya, masih sepi banget, kantor buka jam 8.30. pffff. 
Jam 8.35 kantor pun di buka, termasuk loket buat pengurusan visa. hasil dari tawar menawar Visa dapat di proses dalam waktu paling cepat 4 hari, itu pun kalo berkasnya mendukung. uh jadi parno. 
Trus tiba tiba konsulat nya tiba, waktu itu cuma ada saya yang ajuin visa, desitinasi India memang belon begitu terkenal bagi Indonesai, makanya kagak banyak yang ngurus visa. Konsulatnya nanya, "Mau ngapain ke India? " tentu pake bahasa inggris. aku jawab tujuan bisnis. Aku pun di suruh masuk ke ruangan konsulat, dia minta aku tunjukin semua dokumen pendukung, aku emang udah siapin semua dokumennya but Visa on Arrival nanti. setelah di cek sama tu konsuler, dia panggil petugas di loket, katanya, sekarang saya bantu kamu, kami lagi promosikan destinasi India di Indonesia, jadi kamu memudahkan bagi yang apply visa. 
Dalam hitungan 15 menit, Visa di Issued, nah Loh. Dari yang parno jadi kegiringan kah. eh tapi bayar tuh 500 rebu buat seminggu doang, tapi untuk sebulan juga harganya sama. 

Perjalanan kedua, aku ke India adalah Mumbai. dari pengalaman perjalan yang pertamaku, Mumbai sudah bisa Visa on Arrival. 
Terbanglah saya ke Mumbai dengan bangganya, sampe di Mumbai jam 3 pagi, nah loket buat Visa on Arrival itu baru buka jam 7 pagi, artinya gw musti nunggu 4 jam sampe loket buka. ribet kan, walaupun akhirnya dapat. 


TIPS : 

Kalo emang punya waktu, Visa on Arrival  mending apply sebelum brangkat. itu memudahkan kita saat tiba negara mereka. 

Nah walaupun Visa on Arrival kedengerannya gampang, elu juga harus siapin dokument pendukung saat sampai di India. 

Seperti Biasa, untuk Visa turis itu persyaratannya : 

  • Pasport yang masih berlaku 6 bulan setelah perjalanan
  • Passphoto ukuran passport 2 Lembar
  • Tiket pulang pergi
  • Booking hotel
  • Rencana Perjalanan dari hari pertama sampe terakhir
  • Bukti Keuangan yang cukup, rekening koran (Kebetulan saya ga di tanya tuh)
  • Surat undangan dari perusahaan (Kalo kunjungan bisnis)

Semoga Berhasil 

No comments:

Post a Comment