Monday 18 February 2013

VISA OH VISA


VISA OH VISA

Baru sampe di Jakarta, pulang dari Singapore. di terminal kedatangan di loket Visa on Arrival, sekelompok turis dari Amerika teriak teriakan seolah sedang terjadi sesuatu, lalu pun aku mendekat, eh ternyata oh ternyata mereka masih ragu kalo Visa on Arrival di Indonesia musti bayar, mereka baru singgah di Malaysia dan Singapore, kata meraka ga bayar, mungkin benar untuk warga negara Amerika Visa on Arrival di dua negara tersebut free, ga tau deh bener apa kagak, kata mereka sih seperti, nah maunya mereka di perlakukan sama di Jakarta. Gretongan. 
aku pun berlalu ngantri di Imigrasi selanjutnya keluar dari airport. 

Lagi nunggu damri ke Gambir tuh kelompok bule nongol lagi, satu nya mendekat, nanya, cara ke kota paling murah itu lewat mana ato pake apa, gw jawab kalo mau murah naek bus aja, ntar dari terminal bus naek taksi. akhirnya mereka pun nurut kata gw. kebetulan mereka mau ke jalan Jaksa. 

di dal am bus aku comment dikit, “you know what? Being western traveling just so easy, book ticket, fly and come here, pay for the visa, and you are in, just like that”. you want know how hard for us?. trus ada yang jawab, NO.  KURANG AJAR,. aku rasa mereka merasa tersinggung ato mereka memang sudah tahu bagaimana kita orang indonesia susah kemana2 jading mereka ga may tau. Dasar sombong!

Nah disini aku mau jelasin gimana susahnya dan stressnya buat dapetin visa, tapi jangan salah tak selamanya susah, jika sudah terbiasa untuk pengurusan visa semua jadi gampang, trik dan celahnya sebenarnya ada pada, kesiapan dokumen kamu. Jangan anggap ada faktor luck disini, kalo dokument kamu ga lengkap, kagak ada namanya faktor luck. Bayangin aja kalo elu petugas imigrasi, ada aplikasi yang cuma kasih 60 % persern dari persyaratan, pastinya elu bakal tolak. trus ada aplikasi yang menurut elu tak memenuhi syarat tapi doi melampirkan banyak dokument support yang lebih meyakinkan. nah pasti jadi bahan pertimbangan elu kan?.

Kita orang Indonesai kalo mau ke negara ASEAN (Singapore, Malaysia, Thailand, Brunei, Vietnam, Philipina, Laos dan kamboja). India, Turki, Hongkong, Maroko, Ekuador, Chili, Peru, dan ada beberapa negara lainnya, lupa. 
Nah elu ga perlu apply visa setiap kali mau ke negara tersebut jika emang mau berkunjung kurang dari 30 hari, kalo lebih lu bisa ajuin ke kedutaan mereka masing masing, tapi musti bayar. Visa on Arrival bakal lu dapat pas lu sampe di negara tersebut, kebanyakan negara ASEAN Visa on Arrival nya Free, dan yang lainya musti bayar, mulai dari 25 USD sampe 50 USD per 30 hari. untuk lebih lanjutnya lu bisa cek di website kedutaan masing masing negara. itu menjadi hal terpenting sebelum lu berkunjung ke setiap negara. 

Untuk sisa negara yang sayang tidak sebutin tadi maka visa nya harus di apply di Indonesia sebelum berkunjung ke negara tersebut. proses dan persyaratannya  beda beda di setiap kedutaaan. ada yang bilang Gampang-gampang aja ada yang bilang susah minta ampun. sebelum kamu apply kamu ga bakal tau gampang ato susah, yang jelas kalo udah persyaratannya di lengkapi trus di ajuin dan dapat hasilnya, nah disitu baru lu tau Gampang apa Susah buat dapetin Visa nya. 

Disini aku akan berbagi pengalaman tentang bagaimana aku dapetin visa ke beberapa negara yang udah aku kunjungi. 
cekidot. 

Eropa / Schengen 

VISA MESIR

VISA TURKI

VISA INDIA

No comments:

Post a Comment